Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternak Kambing Gibas Di Angon


Berbicara soal ternak maka ada satu hal dasar yang perlu kita ketahui. Bahwa secara natural setiap hewan adalah hidup liar di alam bebas. Seperti juga kambing gibas kambing jawa sapi ikan atau ternak yang lainnya. seiring perkembangan zaman maka manusia dengan akalnya me menjadikan potensi liar ini bisa dimanfaatkan agar mendapatkan memanfaatkannya secara maksimal.

Ternak yang hidup di alam liar memiliki keunggulan, lebih sehat (dengan syarat jika di angon di tempat yang jauh dari polusi) dan lebih kuat serta memiliki daya tahan terhadap penyakit lebih baik, sebab alam bebas menjadikan bentuk fisik lebih sempurna. Bibit dari alam seperti ini lebih unggul.

Cara ternak di angon saat ini semakin berkurang, Terbatasnya lahan dan pakan yang tersedia di alam serta ditemukannya metode baru dalam pengolahan pakan dan menjaga kesehatan ternak menjadikan metode ini mulai ditinggalkan peternak.

Lagipula lingkungan yang sudah mulai tercemar menjadikan ternak di angon lebih rawan penyakit karena makan sembarangan, selain itu kesibukan manusia yang semakin bertambah metode angon dirasa lebih menyita waktu dan lama berkembang biak. Sebab metode ternak dengan kandang ternak bisa jadi lebih cepat gemuk (motif ekonomi)

Pakan fermentasi dan metode ternak dikandangkan hadir bukan untuk mengesampingkan metode ternak di alam liar atau angon, kita harus akui di keduanya terdapat kelemahan dan keunggulan.

Ini tentang cara pikir kita sebagai manusia, Soal kesadaran kita. Membaca soal perkembangan dunia peternakan memang luar biasa kemajuannya yang telah dicapai, namun di sisi  yang lain terdapat sebuah paradok yang miris untuk disaksikan jika kita mau membuka pikiran kita.

HARUS DIAKUI hadirnya teknologi yang sangat maju juga membawa bencana bagi manusia, semakin banyak penyakit untuk ternak akibat polusi, penyakit untuk manusia, pengangguran yang masif dan pangan yang begitu mahal. Industrialisasi menjadikan manusia tergantikan oleh mesin, sehingga contohlah manusia yang bisa bekerja dengan angon berkebun bertani sekarang jadi menganggur karena kehilangan pekerjaan seolah olah jika bekerja seperti itu hilang pula kemuliaan diri.

ini bukan soal kembali ke masa lampau tapi lebih ke cara berpikir agar kita sebagai manusia modern selayaknya memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitar, menjaga kebersihan dan setiap aktifitas ternak atau tani tidak semata mata bermotif ekonomi saja namun membantu mewujudkan kelestarian alam dan kesejahteraan sesama manusia.

Yuk ternak kambing dan bertani