Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

USAHA MAKSIMAL PETERNAKAN


Pembaca yang budiman mitra tani dan ternak, kadang kita pernah mendengar kalimat " yuk bikin usaha kecil kecilan". Saat ngobrol atau berdiskusi dengan teman kalimat tersebut sekilas renyah dan enak di dengar. Namun tahukah kita bahwa sebenarnya kalimat bikin usaha kecil-kecilan adalah kalimat yang tidak tepat. Kenapa demikian? sebab kita membuka usaha kecil atau besar itu sama saja, menggunakan jatah waktu yang sama dan tentu hasilnya akan berbeda. Lantas kenapa kita tidak menggunakan kalimat yang lebih tepat? yaitu buka usaha semaksimal kemampuan yang ada. Membuka usaha kecil kecilan akan membuat kita berfikir kecil dan sempit, Beda dengan sederhana, besar pun bisa disederhanakan, berpikir besar akan membawa pengaruh besar.

Contoh:

Pak Dede punya sebidang lahan di samping rumah, rencananya pengen buat usaha kecil kecilan ternak ayam, nah karena niatnya usaha kecil kecilan, sebidang tanah yang seharusnya bisa muat 500 ekor hanya terisi 100 ekor saja. Katanya sih daripada lahan nganggur, efeknya ayamnya pun kurang terawat dan asal kenyang asal hidup. (usaha kecil kecilan) pendapatan dari usaha kecil kecilan ya bisa dipastikan kecil.

Pak Abdi Punya sebidang tanah, Pengennya sih pelihara ayam 500 ekor tapi muat hanya 100 ekor. Apa mau dikata akhirnya dibuatlah kandang cukup 100 ekor, namun Pak Abdi terus berpikir bagaimana bisa punya usaha peternakan ayam yang lebih besar? lalu dia ngobrol dengan tetangganya yang punya lahan untuk jadi investor tempat kandang ayam daripada lahan nganggur tidak dimanfaatkan. Akhirnya bisa dimanfaatkan dan sama sama menghasilkan.

Ada lagi kalimat tentang mencoba usaha ternak kambing atau mencoba usaha bidang pertanian jahe polybag atau sayuran polybag. Sekilas kata mencoba benar adanya namun itu juga kurang tepat. Kenapa? kita akan dicoba dengan apa yang kita ucapkan dan kita usahakan, usaha kita akan penuh cobaan dan ujungnya biasanya kecewa terhadap apa yang kita coba. Sebab kita memang tidak serius, kan cuma coba coba. Nah akan lebih tepat jika kita menggunakan kata belajar. Belajar berternak atau belajar bertani, atau lebih tepat lagi kata serius beternak, serius bertani. Kedua kata belajar dan serius akan saling menguatkan, siapa yang belajar maka akan serius belajar mendapatkan ilmu maksimal dan siapa yang serius akan belajar terus sampai bisa.

Mengambil keputusan, berani memulai dan bertindak

adalah selalu lebih baik daripada berangan angan saja.

Dari sedikit uraian ringkas diatas maka kita bisa mendapatkan pengetahuan baru bahwa kata kata sangat berpengaruh terhadap tindakan sukses yang akan kita lakukan dimasa datang, selalu membuka pikiran terhadap ilmu pertanian dan peternakan yang baru agar lebih sukses. Aamiin