Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Pertanian itu Penting?

Pertanian Tradisional

Pertanian itu penting karena pertanian menyediakan makanan dan pekerjaan bagi masyarakat. Industri pertanian menyediakan sejumlah besar makanan untuk biaya yang relatif rendah. Pertanian keluarga mampu meningkatkan produktivitas tanah lokal dan mengurangi ketergantungan keluarga pada toko-toko makanan dan kelontong ditanam secara komersial. 

Pertanian sangat penting untuk keberhasilan masyarakat secara keseluruhan. Tanpa pertanian, semua orang akan dipaksa untuk berburu dan mengumpulkan makanan, dan tidak mungkin bagi penduduk dunia untuk bertahan hidup tanpa makanan. Industri pertanian dan tanaman teknik rekayasa genetika memungkinkan petani untuk menghasilkan jumlah yang jauh lebih besar dari makanan daripada di masa lalu, bahkan ketika menggunakan jumlah tanah yang sama. Industri pertanian juga mempekerjakan banyak orang, termasuk pekerja per jam, pekerja musiman dan peneliti ilmiah yang berusaha untuk meningkatkan teknik pertanian. 

Pertanian keluarga adalah penting pada skala yang lebih kecil. Pertanian keluarga menyediakan makanan lokal kepada masyarakat ketika ada kelebihan produksi, dan sebaliknya mampu menyediakan sebagian besar asupan makanan untuk keluarga. Hal ini memungkinkan keluarga untuk menghemat uang dan mengurangi ketergantungan pada industri pertanian. Peternakan keluarga kecil juga menjaga tanah dalam kondisi yang baik melalui penggarapan teratur, perawatan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Kondisi Pertanian Indonesia

Pertanian Modern

mari buka mata, faktanya harga pangan semakin mahal akibat kelangkaan pangan karena semakin sempitnya lahan yang habis untuk pembangunan. disamping itu jumlah petani dan buruh tani produktif semakin berkurang, generasi pengganti yang enggan terjun bertani dan teknologi tani ternak yang lambat masuk ke Indonesia disamping itu sebagian besar makanan memiliki kondisi kualitas yang buruk akibat proses pengolahan yang salah, penggunaan bahan kimia berlebih menjadi momok bagi generasi kedepan. Disisi lain angka pengangguran yang besar sangat memberatkan ekonomi secara keseluruhan. efek domino ini berbahaya jika tidak dicegah mulai dari sekarang.

lalu apa yang bisa kita lakukan.

bertani dan beternak secara mandiri, memanfaatkan segala potensi yang ada. Sebab sungguh ironis jika kita hidup di negara khatulistiwa masih saja kekurangan makan, kenapa kita tidak belajar menanam atau berternak? atau jika Anda sudah berkecukupan kenapa tidak mencoba membantu yang masih kekurangan, meski itu ilmu.

Mari kita bertani dan beternak untuk kelangsungan kehidupan kita