Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TEKNOLOGI REKAYASA UNTUK PETERNAKAN KAMBING

:

Kualitas menentukan hasil.. kualitas bibit kambing yang bagus dikombinasikan dengan pakan yang bagus akan menghasilkan output yang bagus, tapi itu saja tidak cukup. Lingkungan dan sumberdaya yang baguslah yang bisa menopang semua itu.

KANDANG KAMBING MODERN

Kebersihan kandang perlu diperhatikan, mulai dari jenis kandang dan bentuk kandang. 

Contoh kemiringan lantai kandang :

Gambar di samping seolah olah sama hanya kemiringan lantai yang beda sedikit. dengan kandang yang datar maka kita akan mendapat kesulitan untuk membersihkan lantai dan kotoran akan menyebar dengan merata.

lantai kandang dibuat bercelah dengan jarak satu jari telunjuk..

jika kita ingin membuat kandang maka pastikan kandang kambing terpasang dengan kokoh. Agar nantinya tidak menimbulkan kesulitan bagi kita karena cepat rusak. Alangkah lebih baik jika sejak awal kita membuat kandang dengan pemasangan yang benar..

Gambar sebelah kiri adalah gambar lantai kandang ternak kambing yang salah sebab kayu lantai tidak di jepit oleh kayu. Efek dari kesalahan ini menyebabkan lantai mudah terlepas, akibatnya kaki kambing bisa masuk dan terjepit. beda dengan kandang ternak sebelah kanan. sejak awal kayu di gapit sehingga lebih kokoh. 

Bahan kandang menentukan kualitas kandang. Jika anda mampu pilihlah bahan yang jika dipaku tidak pecah dan anti rayap. Penggunaan material bambu juga bagus. kelemahannya adalah bambu dimakan hewan bubuk.. yang menyebabkan bambu menjadi keropos. ini bisa disiasati dengan penyemprotan desinfektan khusus untuk bambu atau bisa di meni atau di beri oli saat membuat kandang. Pencegahan lebih baik daripada mengobati.

Kandang yang tidak pernah terkena sinar matahari juga tidak bagus. Sebab selain sinar matahari berguna untuk kesehatan kambing juga berguna untuk kesehatan lingkungan. Sinar matahari bermanfaat untuk mencegah kelembaban berlebih akibat penguapan kotoran dan urin kambing juga bermanfaat untuk membunuh kuman. 

karena bagaimanapun juga secara alami kambing adalah hewan yang hidup di tanah lapang dan berinteraksi dengan sinar matahari.

Semoga bermanfaat dan selamat beternak kambing gibas.



Namun sekarang sudah berekmbang teknologi baru, material kandang dari bahan plastik untuk lantai, sedangkan atap dan tiang menggunakan baja ringan. itu jauh lebih kuat dan efisien. disamping itu lebih rapi dan mudah instalasinya.