Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Bokashi Fermentasi?



Bokashi fermentasi  adalah proses pengawetan bahan sampah organic yang dilakukan dalam wadah/ember/tong khusus dengan mengeluarkan oksigen menggunakan mikroba yang ditambahkan ke sisa makanan dalam wadah/ember/tong.

Dimana tempat terbaik untuk menyimpan wadah/ember/tong? 

Di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung, namun di tempat yang hangat. Bisa di dapur, belakang rumah, bawah pohon dll. Karena tidak ada bau jahat dengan sistem kompos Bokashi, kita dapat dengan mudah menyimpan di dalam ruangan.

Apa yang bisa dimasukkan ke dalam wadah/wadah/ember/tong/tong kompos Bokashi? 

Setiap jenis bahan organik yang diproduksi di dapur seperti: 

  • Sisa sayuran dan buah 

  • Daun teh 

  • Kantong teh 

  • Sejumlah kecil kertas 

  • Ampas kopi 

  • Bawang, jeruk dan   bawang putih 

  • Potongan daging 

  • Ikan seafood / 

  • Limbah makanan yang dimasak

  • Kotoran ternak kambing

  • Kotoran ternak ayam

  • Kotoran ternak sapi

  • Kotoran ternak kelinci

  • Dll

Apakah ada sesuatu yang tidak boleh dimasukkan dalam wadah/wadah/ember/tong/tong kompos Bokashi? 

Jangan menambahkan tulang atau cairan apapun semisal deterjen atau cairan kimia berbahaya lainnya.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi wadah/ember/tong? 

Ini benar-benar tergantung pada seberapa banyak sampah dapur yang anda miliki. Sebuah panduan rata-rata akan 2 sampai 4 minggu. Tergantung kemampuan anda. Kecuali anda membuat Bokashi dari kotoran ternak kambing, ternak ayam, ternak sapi atau ternak kelinci anda.

Kenapa bak sampah dalam satu minggu - sudah kelihatan hampir penuh? 

Sebab dalam sampah tersebut masih terdapat banyak kandungan air. Anda perlu menekan agak air keluar

Apa saja campuran Bokashi? 


Program ini terdiri dari dedak, molase dan mikroorganisme. Ketika campuran Bokashi dimasukkan wadah/ember/tong, mikroba segera mulai tumbuh dan akan mulai terjadi proses fermentasi

Apa itu mikroba? 

Mikroba adalah organisme yang begitu dan hanya  hanya terlihat dengan mikroskop. Mikroba dalam campuran Bokashi berasal dari 3 kelompok yang berbeda - lactobacilli, fungi / ragi, dan basil phototropic. Kombinasi ini telah terbukti cepat menurunkan (mem-fermentasi) sampah organik sementara disisi lain menekan pertumbuhan organisme berbahaya lainnya.

Apakah mikroba berbahaya bagi saya atau hewan peliharaan-ternak saya? 

Tidak, mikroba ini sangat umum di alam dan dianggap non-patogen. Masing-masing memiliki fungsi khusus dan mereka bekerja sama dengan baik. Mereka ditemukan dalam makanan yang kita makan seperti keju, yoghurt, roti dan anggur.

Bagaimana seharusnya saya menyimpan Bokashi? 

Anda dapat menyimpannya dalam kantong ditutup kembali atau pindahkan ke wadah/wadah/ember/tong kedap udara. Jangan terkena sinar matahari langsung dan jauh dari panas. Sebab.. Sinar ultraviolet akan menghancurkan mikroba. Usahakan tetap kering.

Apakah Bokashi harus segera digunakan? 

Tidak. Bokashi memiliki ketahanan hingga tahunan.

Seberapa sering saya memberikan pupuk Bokashi untuk tanaman saya? 

Sesering yang anda suka – tanaman menyukainya!

Ada jamur putih tumbuh di Bokashi. Apa itu?

Jamur putih merupakan indikator yang baik bahwa proses fermentasi bekerja dengan baik.

Apa tanda-tanda bahwa ada sesuatu yang salah? 

Jika bahan yang difermentasi sudah berubah biru atau hitam karena anda tidak menggunakan cukup mikroba atau anda tidak menutup tong/wadah/ember dengan benar sehingga terlalu banyak udara dalam wadah/ember/tong.

Apa fermentasi anaerob itu?

Secara teknis, proses fermentasi hanya memerlukan sedikit oksigen. Proses fermentasi ini bekerja lebih baik bila tingkat oksigen yang sangat rendah dan terhambat ketika oksigen banyak.


Mengapa bahan limbah terlihat sama setelah fermentasi? 

Fermentasi Bokashi adalah proses pengawetan. Sama seperti acar atau asinan bawang masih terlihat seperti itu sebelum pengawetan, sehingga akan sampah organik anda terlihat seolah-olah tidak ada yang terjadi. Hal ini namun secara struktural dan kimia sudah cukup berubah.

Berapa lama wadah/ember/tong penuh limbah makanan fermentasi ini siap diberikan ke tanah? 

Periode 3 x 24 jam – 14 hari adalah waktu minimum yang diperlukan, menyesuaikan jenis bahan apa yang anda gunakan untuk membuat Bokashi.  Waktu pembokaran dapat diperpanjang asalkan wadah/ember/tong tetap kedap udara.

Apa yang terjadi ketika saya memasukkan Bokashi ke dalam tanah? 


Mikroba di dalam tanah akan dengan cepat mengkonversi sampah organik untuk tanah yang kaya nutrisi bagi tanaman anda. Dalam angka, mikroba tanah dapat di mana saja, dari 1.000 menjadi 1.000.000 kali lebih banyak dengan difermentasi. Mereka akan segera mulai menurunkan produk limbah fermentasi dan mereka membangun kembali mikroba tanah dan kandungan gizi lebih banyak.

Bokashi kompos bersifat asam ketika pertama kali,tapi menjadi netral setelah 7-10 hari. Pastikan akar tanaman tidak bersentuhan langsung dengan kompos karena dapat membakar akar, terutama jika tanaman yang sangat muda. Tanaman baru terutama yang berakar lunak dapat stress ketika menerima Bokashi pertama kali sehingga waktu terbaik wadah/ember/togean tanaman tersebut adalah dua minggu. Semisal sayuran, tomat dll


Bagaimana cara terbaik untuk menambahkan Bokashi di kebun tanaman? 

Menggali lubang atau parit sedalam 20-25 cm. Tambah kompos Bokashi dan campuran di beberapa tanah. Tutup dengan tanah yang tersisa.

Saya tidak punya kebun tapi punya tong/wadah/ember/tong berisi Bokashi?

Bokashi kompos  tidak harus di aplikasikan ke kebun atau sawah, bisa dalam pot pot tanaman bunga di rumah.

Selamat mencoba membuat Bokashi. SOT HCS decomposer dengan mikroba yang unggul

Ayo ternak kambing