KENAPA KAMBING JAWA LEBIH PILIH PILIH PAKAN

Ternak kambing itu susah gampang gampang.. menjadi susah jika tidak tahu ilmunya dan menjadi gampang sekali jika tahu ilmunya.

pernahkan anda mendengar kalimat bahwa kambing gibas tidak pilih pilih soal makan.. makanan apapun mau.. dan sebaliknya kambing jawa makannya suka pilih pilih.. kalimat itu benar apa adanya tapi kenapa demikian? itu yang jarang di jelaskan. nah mari kita belajar bersama..

secara genetik kambing dan domba itu berbeda.. ini bisa dilihat dari bentuk secara fisik.. domba biasanya dominan putih berbulu tebal, tampak buncit jika kelebihan makanan.. sedangkan kambing berbulu coklat, hitam bulu pendek dan lebih ramping.. nah berkaitan dengan perbedaan ciri fisik terkait dengan indra perasa maka kambing memiliki kemampuan untuk membedakan rasa pahit, manis, asin dan asam. Juga memiliki toleransi yang tinggi terhadap rasa pahit dibanding domba atau sapi. Kemampuan mengolah dan mencerna serat lebih baik. 

jadi wajar saja jika kambing terkesan pilih pilih terhadap makanan yang kita berikan.

apakah kambing mau makan fermentasi?

Hewan ruminasia termasuk kambing mau pakan fermentasi.. seperti juga domba.. tapi apakah setiap fermentasi mau ? bisa iya bisa tidak. sebab kebiasaan pola makan dan jenis bahan pakan ikut mempengaruhi selera makan. Bahan pakan berkualitas tentu menjadikan hasil fermentasi bagus begitu pula sebaliknya bahan yang difermentasi tidak berkualitas tentu belum tentu kambing mau.. semisal jerami padi yang masih mengandung residu tinggi. Hasil fermentasi dari jerami yang seperti ini tidak bagus dan berbahaya jika dimakan kambing... 

untuk merubah kebiasaan makan kambing seperti juga merubah kebiasaan makan domba.. nama nya juga pembiasaan atau menyengaja biar terbiasa maka diperlukan cara.. ada yang bisa berubah dalam waktu singkat ada pula yang butuh waktu panjang..

itulah alasan kenapa kambing jawa pilih pilih makanan.. 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KENAPA KAMBING JAWA LEBIH PILIH PILIH PAKAN"

Post a Comment

Monggo kalau ada yang mau di tanyakan: