Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BUDIDAYA IKAN




Kolam

Hal pertama sebelum berternak ikan yang perlu dilakukan adalah membuat kolam. Ukuran dan jenis kolam ikan yang akan digunakan dapat disesuaikan dengan kondisi lingkungan kita. Diantaranya kolam renang seperti empang/blumbang, kolam terpal, dan kolam bak mandi permanen. Yang penting dalam budidaya ikan yang diperlukan 4 jenis kolam, kolam untuk mengendapkan lumpur waduk, kolam indukan yang digunakan untuk menyimpan induk jantan dan induk betina siap telur, kolam pemijahan tempat untuk berkembang biak dan kolam pembesaran

Indukan

Langkah kedua adalah memilih indukan kualitas unggul. Ciri - ciri dari indukan unggul indukan bisa dilihat secara fisik. Di antaranya untuk ikan jantan biasanya memiliki warna yang lebih gelap, alat kelamin runcing, dan perut langsing. Sedangkan untuk betina unggul dapat dilihat dari warna tubuh cerah, kelamin berbentuk lingkaran, perut lebar dan memiliki gerakan tubuh yang lambat.

Pembuahan

Proses ini adalah waktu dimana induk jantan dan induk betina melepaskan telur dan sel sperma. Ciri indukan jantan siap membuahi biasanya alat kelamin memiliki warna merah yang khas. Sementara betina siap untuk indukan pasangan memiliki kuning telur. Biasanya telur yang telah dibuahi akan menempel pada sarang dan dalam waktu 1x24 jam akan menetas menjadi anak ikan.


Sortir

Ini adalah proses pemisahan indukan dan penyortiran ikan untuk di jual atau di besarkan. Biasanya ada 3 ukuran anakan ikan yang biasanya siap dipasarkan, yaitu 5-7cm, 7-9 cm dan 9-12 cm. Tiga ukuran anakan ikan ditempatkan dalam kolam yang berbeda

Pemberian pakan

Pakan ikan biasanya terdiri dari plankton, larva, kutu air, cacing kecil dan pakan buatan. Untuk ikan yang masih kecil diperlukan tambahan nutrisi agar angka kematian kecil dan terbebas dari penyakit.

Pengaturan air

Pengelolaan air sangat penting dalam pemuliaan ikan. Kondisi air harus selalu bersih karena kebutuhan air yang berkualitas baik dapat dilihat dari tingkat kebersihan, hijau terang, dan memiliki transparansi antara 30-40 cm.

Indukan Lele


Ke enam hal di atas adalah hal pokok yang wajib diketahui ada dalam usaha budidaya ikan secara umum. Detail teknis akan dibahas satu per satu di tulisan yang lain..  Seperti bentuk kolam ikan yang baik, cara menumbuhkan plankton dengan bokashi, menyiasati air yang diam, cara membersihkan kolam, pembuatan pakan alternatif.. 

Pemanfaatan limbah ternak kambing ternak sapi atau ternak ayam untuk dasaran kolam terbukti mampu memberikan keuntungan yang lebih. 

nyaris tidak ada yang terbuang dari setiap kegiatan pertanian dan peternakan. 

Lihat juga Materi pelatihan ternak dan pemanfaatan kotoran ternak untuk media tani dan ternak