Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TEKNOLOGI REKAYASA MENYIASATI PERBEDAAN LINGKUNGAN


Setiap tempat memiliki perbedaan sember daya alam, karakteristik hewan juga termasuk kebiasaan masyarakatnya. Perbedaan ini memiliki pengaruh kuat terhadap apa yang kita usahakan berupa ternak dan pertanian kita. Hasil petani musiman akan berbeda dengan petani yang tidak kenal musim, curah hujan struktur tanah juga ikut berpengaruh. Hewan di daerah dingin juga berbeda dengan daerah panas umumnya di daerah dingin lebih berlemak dan atau berbulu tebal.

Sebagai petani dan peternak pengetahuan ini penting di ketahui, sebab kita sedang berbicara masa depan, tentang kelangsungan hidup manusia dan ini tentang keuntungan bisnis.

Buat apa kita beternak atau bertani jika hasilnya tidak akan kita panen atau kita makan? bukankah kita melakukan kegiatan tani ternak agar besok kita bisa makan?

Nah kembali ke awal, kita bisa melakukan kerja optimal jika kita mengetahui apa yang kita lakukan. optimal dalam arti kerja efektif hasil melimpah.

Meski berbeda namun ada kesamaan secara umum yang berlaku pada semua kegiatan pertanian dan peternakan kita..

Kreatifitas menjadi kunci utama dalam mensiasati keadaan, ini tantangan tersendiri.

iklim daerah pegunungan berbeda dengan daerah lainnya jenis tanaman dan hewan juga berbeda. apakah dengan mengetahui ini akan memberi keuntungan yang maksimal pada usaha kita? sudah pasti iya.. secara naluri sebenarnya kita mengetahui hal ini namun belum tentu di perhatikan dengan seksama. pengetahuan ini juga menjadi tantangan bahwa sebenarnya perbedaan bisa di atasi dengan teknologi rekayasa, semisal pembuatan lahan dari polybak, penyiraman air untuk mengatur suhu semau kita, pengairan intensif, pembuatan paranet untuk mengurangi panas, pemberian angin untuk penyerbukan, pemberian gelembung gas pada kolam untuk pengairan dan semua adalah upaya untuk menjawab tantangan alam.

nah bagi para pembaca, artikel ini belum komplit, masih panjang masih bersambung. Teknologi rekayasa untuk peternakan perkebunan, pertanian dan perikanan.. akan di bahas lebih lanjut. Tetap di blog tani ternak ini ya 

INFO ternak kambing, ternak, ternak sapi, sapi, fermentasi hcs, tenak ayam, mikroba, kambing